Rabu, 10 April 2013

sejarah perkembangan hardware untuk menunjang sistem operasi windows 7

Sebelumnya mohon maaf, bagi anda yang sudah berpengalaman dengan windows anda lewati saja artikel ini karena mungkin tidak bermanjaaf. Artikel ini juga kami buat karena banyak yang bertanya kepada kami melalui Yahoo Mesenger tentang speech hardware minimum yang dibutuhkan jika ingin upgrade dari windows versi terdahulu ke Windows 7.
Spesifikasi minimum untuk Windows 7
Spesifikasi minimum hardware yang harus dipenuhi sebelum menginstall windows 7 pada sebuah desktop PC ata notebook adalah sebagai berikut :
  • Processor Intel dengan kecepatan 1 GHz (32 bit atau 64 bit).
  • RAM minimal 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit.
  • Space hard disk yang masih tersisa minimal 16 GB untuk 32 bit dan 20 GB untuk 64 bit.
  • Direct X 9 graphic card.
  • A.    Pengertian Direct  DirectX itu adalah Aplication Programming Interfaces yang berfungsi mengizinkan aplikasi, seperti game, untuk “berbicara” dengan hardware. Pengertian lain dari DirectX adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft.
    DirectX itu adalah Aplication Programming Interfaces yang paling popular untuk video card. Misalnya, ada game yang membutuhkan DirectX 9.0, maka kita harus menginstal DirectX 9 atau versi yang lebih baru lagi atau versi diatasnya. Begitu juga dengan hardware nya. Jika memakai video card yang hanya mendukung, misalnya DirectX 8, maka saat game menggunakan perintah dalam DirectX 9, maka video card tidak akan mengerti perintah tersebut. Yang dilakukan hanyalah proses dan proses emulasi dalam menjalankan perintah itu. Jika kualitas emulasi
    tidak sempurna, maka akibatnya kualiatas gambar yang dihasilkan tak akan bagus seperti aslinya, sebagaimana bila dijalankan di DirectX.

    Penggambaran DirectX
    B.     Fungsi DirectX
    DirectX merupakan sekumpulan api, dimana directx ini berguna sekali dalam penggunaan pemrogramam yang berhubungan dengan games,directx banyak digunakan pada pembuatan game komputer yang berbasis microsoft windows.
    Directx berfungsi untuk mempermanis tampilan dan kualitas gambar supaya terlihat lebih nyata terutama pada game kelas berat supaya tampil seperti nyata.
     C.    Komponen DirectX
    DirectX terdiri dari beberapa komponen, antara lain yaitu :
    1.      DirectX Graphics, terdiri dari beberapa APIs:
    DirectDraw
    Untuk menggambar grafik 2D (raster graphics). Sekarang tidak disarankan (karena adanya Direct2D), meskipun masih digunakan sedikit game dan sebagai video renderer di media aplikasi.
    Direct3D (D3D)
    Untuk menggambar Grafik 3D.
    DXGI
    Untuk menghitung penyesuaian dan pengawasan, dan mengatur rangkaian pertukaran untuk Direct3D 10 keatas.
    DirectInput
    Untuk menangani alat masukan termasuk papan ketiktetikustuas kontrols, ataugame controllers. Tidak disarankan setelah versi 8 karena adanya XInput untuk Xbox 360kontroler atau WM INPUT untuk keyboard dan mouse.
    DirectPlay
    Untuk komunikasi koneksi area lokal atau area luas. Tidak disarankan setelah versi
    DirectSound
    Untuk putar balik dan merekam gelombang suara, didalamnya terdapat directSound3D (DS3D) yang digunakan untuk putar balik suara 3D.
    DirectMusic
    Untuk putar balik rekaman suara yang disahkan di DirectMusic Producer.
    2.      DirectX media
    Terdiri dari DirectAnimation untuk 2D/3D animasi web, DirectShow (Tidak disarankan sebentar lagi oleh Media Foundation) untuk multimedia putar balik dan streaming media, DirectX Transform untuk interaksi web, dan Direct3D Retained Mode untuk grafik 3D tingkat tinggi. DirectShow terkandung DirectX plugin untuk pemroses sinyal audio dan DirectX Video Acceleration untuk video terakselerasi. Sejak Tahun 2005 DirectShow tidak termasuk dalam DirectX API. DirectShow dimasukan dalam paket Windows SDK.
    3.     Directx 3d media
    Mendukung streaming seperti enkode, dekode, dan efek.
    DirectSetup: untuk memasang komponen DirectX.

    D.      Cara Kerja DirectX
    Secara mendasar, DirectX merupakan interface antara hardware dalam PC Anda dan Windows itu sendiri, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Mari lihat contoh praktis. Pada waktu pembuat game ingin memutar file suara, ini hanyalah masalah menggunakan fungsi library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara. Pembuat game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang dihadapi, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. Ia menanyakan suara yang ingin dimainkan, hanya itu—pada mesin apapun ia dijalankan.
    Dari sisi kita sebagai gamer, DirectX juga memberikan kemudahan yang besar—paling tidak secara teori. Anda menginstal sound card baru di tempat yang lama, yang datang dengan driver DirectX. Lain waktu memainkan game Anda masih dapat mendengar suara dan musik, dan Anda tidak perlu melakukan perubahan konfigurasi yang kompleks.
    Pada awalnya, DirectX hanyalah toolkit sederhana: hardware masa awal terbatas dan pada waktu itu hanya dibutuhkan fungsi grafis yang sederhana. Seiring dengan perkembangan hardware dan software yang semakin kompleks, demikian juga DirectX. Ia sekarang lebih dari sekadar toolkit grafis, dan ia telah meliputi banyak rutin yang menangani semua jenis komunikasi hardware.
    Sebagai contoh, rutin DirectInput dapat menangani semua jenis perangkat input, dari mouse sederhana dengan dua-tombol sampai flight joystick yang kompleks. Bagian lain adalah DirectSound untuk perangkat audio dan DirectPlay yang menyediakan toolkit untuk bermain game secara online atau multiplayer.
    E.       Sejarah dan Versi DirectX
    Setiap game perlu melakukan tugas tertentu secara berulang-ulang. Ia perlu melihat input dari mouse, joystick, atau keyboard, dan ia perlu menampilkan gambar layar dan memutar suara atau musik. Itulah yang dilakukan setiap game pada tingkat yang paling sederhana. Pada dasarnya, programer game berbicara secara langsung ke hardware PC pada tingkat dasar. Pada waktu Microsoft memperkenalkan Windows, itu merupakan sangat penting bagi stabilitas dan kesuksesan PC di mana sesuatunya dipermudah baik bagi pengembang dan pemain. Ide Microsoft adalah hentikan programer berbicara secara langsung kepada hardware, dan sebagai gantinya buat toolkit umum yang dapat mereka gunakan. Dari sini lahirlah DirectX. Teknologi ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1995 dan menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows.
    Pada akhir tahun 1994 Microsoft akan melepaskan sistem operasi berikutnya, Windows 95. Faktor utama yang menentukan nilai konsumen akan tergantung pada sistem operasi baru yang mereka buat, sangat banyak bertumpu pada program-program apa yang akan mampu berjalan di sistem operasi tersebut. Tiga karyawan Microsoft – Craig Eisler, Alex St Yohanes, dan Eric Engstrom – prihatin karena programmer cenderung melihat Microsoft sistem operasi sebelumnya, MS-DOS, sebagai platform yang lebih baik untuk permainan pemrograman, artinya akan sedikit permainan yang dikembangkan untuk Windows 95 dan system operasi ini tidak akan terlalu sukses.
    DOS memungkinkan akses langsung ke kartu video, keyboard dan mouse, perangkat suara, dan semua bagian lain dari sistem. Tetapi Windows 95, dengan model memori yang dilindungi, akan terbatas akses ke semua perangkat, bekerja pada standar yang jauh lebih kompleks. Microsoft membutuhkan cara yang akan membiarkan programmer mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan mereka membutuhkannya dengan cepat; sistem operasi tersebut hanya tinggal beberapa bulan lagi untuk dilepas ke pasar. Eisler (pemimpin pengembangan), St John, dan Engstrom (manajer program) bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini, dengan solusi yang akhirnya mereka beri nama DirectX.
    Versi pertama DirectX dirilis pada bulan September 1995 sebagai Windows Games SDK. Itu adalah pengganti Win32 DCI dan WinG API untuk Windows 3.1. Secara sederhana, DirectX memungkinkan semua versi Microsoft Windows, mulai dengan Windows 95, untuk menggabungkan performa multimedia yang tinggi. Eisler menulis tentang hiruk-pikuk untuk membangun DirectX 1 sampai 5 di blog-nya.
    Versi DirectX terakhir pada saat tugas ini dibuat adalah DirectX 11 dengan dukungan terhadap GPGPU, dukungan tessellation, peningkatan terhadap dukungan multi-threading untuk membantu pengembang game menggunakan unit pengolah data(disebut juga processor) multi-core. Direct X 11 akan digunakan di sistem operasi vista, seven dan generasi seterusnya. Mekanisme multi-threading mampu didukung perangkat keras berbasis Direct3D 9/10/10.1. Tessellation dan Shader Model 5.0 membutuhkan perangkat keras berbasis Direct 3D 11. Microsoft sendiri telah merilis peninjauan teknis.Direct 3D 11 telah dirilis ke pabrik bulan Juli ’09 dan dirilis ke publik bulan Oktober ’09. Dengan banyaknya versi DirectX yang tersedia beberapa tahun belakangan, sulit untuk mengetahui versi mana yang Kita butuhkan. Secara keseluruhan, semua versi DirectX backwardly compatible—game yang membutuhkan DirectX 7 akan dapat berjalan pada versi yang lebih baru, tetapi tidak dengan yang lebih lama. Banyak game yang secara eksplisit menyatakan bahwa mereka membutuhkan DirectX 9, dan tidak dapat berjalan jika versi terbaru belum diinstal. Ini karena mereka menggunakan fitur baru yang terdapat pada versi tersebut, walaupun developer malas sering menggunakan versi paling terakhir untuk game yang bersangkutan, padahal tidak menggunakan satupun peningkatan baru yang ada. Namun pada umumnya, jika suatu game terikat versi tersebut, Anda perlu mengupgrade sebelum bermain. Peningkatan pada kode DirectX berarti peningkatan pada banyak game pada waktu Kita meng-upgrade ke DirectX terakhir.
    F.       Analisis Masalah DirectX
    Menganalisis masalah instalasi DirectX dapat menyulitkan, terutama jika Kita tidak mengetahui bagian mana yang menyebabkan game tidak dapat dimainkan. Untungnya, Microsoft menyediakan utility bernama DirectX Diagnostic Tool. Kita tidak akan menemukan tool ini pada Start Menu pada Windows versi berapapun, dan masing-masing cenderung menginstal pada tempat yang berbeda. Cara paling mudah untuk menggunakannya adalah dengan membuka dialog Run dari Start Menu, ketik dxdiag dan kemudian klik OK. Pada waktu pertama dijalankan, ia membutuhkan beberapa detik untuk menanyai instalasi DirectX dan memeriksa jika ada masalah. Tab DirectX File menampilkan versi setiap file yang digunakan. Notes pada bagian bawah perlu Kita lihat, karena file yang hilang atau terkorupsi akan ditandai di sini. Tab Display, Sound, Music, Input, dan Network semua berhubungan dengan bagian tertentu dari DirectX, dan semua kecuali tab Input menyediakan tool untuk mengetes fungsi hardware. Yang terakhir, tab More Help memberikan cara mudah untuk menjalankan DirectX Troubleshooter, cara Microsoft dalam memecahkan masalah umum DirectX.
     
Mungkin anda masih bisa menginstall windows 7 di perangkat komputer yang memiliki spesifikasi lebih rendah, tetapi harap selalu diingat, komputer anda akan berjalan sangat lamban dan butuh kesabaran untuk menggunakannya. Sangat tidak cocok untuk anda yang tidak memiliki sifat sabar dalam hidup. :D
Jika anda ingin benar-benar memanfaatkan semua fasilitas windows 7 untuk pekerjaan sehari-hari, kami sarankan anda untuk membeli perangkat komputer baru minimal menggunakan procesor Dual Core dengan RAM sebesar 2 GB. Terlebih lagi anda yang gemar bermain game, anda juga harus mengupgrade video card minimal memliki RAM 512 MB.

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus