Kamis, 14 Maret 2013

pengertian blogger

Pengertian Blog, Isi, dan Tujuan

Pengertian Blog. Bagi Anda yang belum sering mendengar kata blog, namun belum tahu tentang pengertian blog, maka artikel ini akan membahasnya. Karena, jangankan orang yang hanya mendengar saja, bahkan orang yang sering blogging pun kurang tahu apa definisi atau pengertian blog itu sendiri.

Blog adalah singkatan dari weblog, biasanya berisi konten yang sifatnya dinamis. Blog juga dapat berarti catatan online. Blog akan sering mengalami update atau memiliki postingan terbaru. Biasanya blog digunakan seorang blogger untuk berbagi infomasi, tips, ataupun sekedar pengalaman pribadi.

Blog mempunyai ciri-ciri yaitu mempunyai nama dan alamat yang dapat diakses secara online, mempunyai tujuan, mempunyai postingan atau isi yang berupa informasi, catatan, dan artikel.

Tujuan umum dari blog sendiri antara lain bisa digunakan untuk berbagi pengalaman, saling bertukar ilmu/pengetahuan dengan pembaca, sebagai alat untuk bekarya atau aktualisasi diri, untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi, memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain.

Dalam blog terdapat beberapa fitur yang memudahkan para pembaca untuk menjelajahi isi dari blog tersebut, fitur-fitur blog ini misalnya adalah arsip dan komentar. Arsip adalah kumpulan link artikel yang akan memudahkan pengunjung blog untuk mengetahui artikel apa saja yang sudah ditulis oleh pemilik blog. Komentar adalah sebagai sarana komunikasi antara pemilik blog dengan pembaca sehingga jika ada pertanyaan maka dapat dijawab langsung oleh pemilik blog tersebut.

Sifatnya yang statis membuat blog ini lebih banyak mendominasi hasil pencarian di search enginee. Jika Anda belum mengetahui apa itu search enginee, silahkan baca juga artikel tentang Pengertian search engine.

pengertian blog
Image courtesy of renjith krishnan / FreeDigitalPhotos.net

Blog pun tidak hanya bisa digunakan untuk media berbagi, melainkan blog juga bisa digunakan untuk ladang usaha atau alat bisnis lho. Bagaimana bisa? Begini jawabannya…
Dengan sifatnya yang mudah terindeks oleh search engine, membuat orang lebih banyak mendatangi blog ketimbang website. Kedatangan visitor tersebut bisa saja mencari sebuah informasi, sebuah tips ataupun hal lainnya. Nah, untuk menjadikan blog sebagai ladang usaha, maka pemilik blog bisa menempatkan iklan atau promosi produk, dengan harapan pengunjung yang datang tertarik dengan penawaran yang diberikan.

Itulah sedikit gambaran tentang pengertian blog. Jika Anda tertarik untuk belajar membuat blog, maka bisa mencari informasinya di google, selaku mesin pencari nomor satu di dunia. Semua informasi tentang cara membuat blog tersedia dengan lengkap.

Dan sebagai tips bagi Anda yang baru tahu tentang pengertian blog dan ingin mencoba blogging, maka bisa menggunakan beberapa alternatif blogging gratisan dengan menggunakan wordpress.com ataupun blogger.com.

Manfaat Dan Tujuan Membuat Blog

Manfaat Dan Tujuan Membuat Blog - Ada banyak penyedia jasa blog yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa mendaftarkan diri di Blogger, Blogspot, Multiply, Wordpress dan penyedia blog lainnya untuk mulai membuat sebuah blog. Kamu bebas melakukan design terhadap blog yang Kamu miliki.

Di zaman informasi dan teknologi ini, memiliki blog adalah hal biasa dan wajib adanya. Kamu wajib memiliki blog karena banyak manfaat blog yang bisa Kamu raih. Dengan pengelolaan yang baik atas blog yang Kamu buat, Kamu akan bisa meraih berbagai manfaat blog tersebut.

Langkah berikutnya adalah mengisi blog dengan menulis. Pada awalnya tentu tidak mudah membiasakan diri untuk menulis di blog Kamu. Namun secara perlahan-lahan Kamu akan bisa membuat artikel yang menarik untuk mengisi halaman blog Kamu.


Berbagai Manfaat Blog

Ada banyak manfaat yang bisa Kamu peroleh dari blog baik itu Kamu sadari maupun tidak. Banyak orang yang telah memanfaatkan keterbukaan blog untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa manfaat blog yang bisa Kamu petik:

  • Sarana promosi diri. Manfaat blog yang kedua adalah sebagai media promosi diri. Kamu yang berprofesi di bidang apapun bisa memperkuat pandangan orang tentang diri Kamu. Dengan menulis di blog, orang lain yang membaca akan lebih mengenal Kamu baik secara personal maupun secara impersonal. Di blog Kamu juga bebas mengungkapkan ideologi Kamu dan menyebarkan pesan-pesan yang baik. Kamu juga bisa berbagi informasi dan pengetahuan yang Kamu miliki demi perkembangan para pembaca blog Kamu.
  • Sarana belajar menulis. Dengan memiliki blog, Kamu wajib menulis bagaimanapun caranya. Blog Kamu harus diisi secara berkala baik itu dengan berbagai artikel atau cerita yang bisa Kamu buat sendiri. Memang Kamu bisa mengambil bahan dari tempat lain. Namun alangkah baiknya Kamu mencoba untuk menulis sendiri karena dengan demikian Kamu akan memperoleh manfaat yang lebih dari blog ini.
  • Sarana promosi produk dan jasa. Banyak orang yang menggunakan blog sebagai sarana promosi. Jika dulu Kamu harus membuat sebuah website sebagai toko online untuk menjual produk, maka saat ini blog juga bisa menjadi toko online Kamu.
    Di blog, Kamu bisa memaparkan berbagai informasi produk yang Kamu jual. Kamu juga bisa menampilkan gambar dan foto produk yang Kamu jual. Selain itu, Kamu juga bisa menjelaskan prosedur dan tata cara pembelian produk dan jasa Kamu. Blog mempermudah promosi online dan manfaat blog ini begitu besar terasa bagi para penjual barang dan jasa karena luasnya cakupan promosi.
  • Tempat curahan hati. Manfaat blog lainnya yang juga bisa Kamu raih adalah sebagai tempat curhat dan menulis diari serta perjalanan hidup Kamu. Kalau dulu Kamu harus menulis diari dalam sebuah buku, saat ini Kamu bisa melakukannya secara online. Kamu juga bisa mengatur tingkat kerahasiaan tulisan di blog Kamu sehingga tidak semua orang bisa membaca tulisan Kamu. Blog sangat bersifat personal.
  • Sumber penghasilan. Penghasilan bisa Kamu peroleh saat produk Kamu berhasil dijual melalui blog. Namun ada cara lain untuk meraih penghasilan dengan memanfaatkan blog. Jika Kamu tahu tentang Adsense yang ditawarkan oleh Google, maka Kamu akan tahu bahwa blog juga bisa Kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense Google. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri pada Adsense Google, kemudian menambahkan kode Adsense Google di blog Kamu.



Cara Mudah Membuat Blog 

sekarang kita mulai saja bagaimana cara mudah membuat blog pribadi gratis di blogger.com :
1. Syarat pertama yang harus sobat lakukan untuk membuat blog di blogger.com adalah mempunyai akun email di gmail.com. Dengan mempunyai email di gmail.com bukan blogger.com saja yang bisa diakses tapi semua fasilitas dari google bisa di pakai. untuk membuat akun email gmail silahkan ketikkan gmail.com dibrowser sobat, atau klik disini.
Lalu klik buat akun.
Cara membuat email gmail
2. Setelah sobat klik akan muncul formulir untuk diisi dengan data-data sobat termasuk no handphone sobat. Setelah semua data di isi klik langkah selanjutnya.
Mengisi Formulir Gmail
3. Setelah itu pilih pesan teks, negara indonesia, dan klik kirim kode verifikasi. Selanjutnya sobat akan menerima sms kode verifikasi dari google untuk di isi dilangkah berikut ini.
Verifikasi Akun Gmail
Setelah dimakukka kodenya klik verifikasi.
4. Selanjutnya memasukkan foto profil sobat, tapi dalam tahap ini optional. sobat bisa langsung memasukan foto profil atau tidak. kalau ingin melewatinya langsung saja klikLangkah berikutnya.
Foto Profil Gmail
5. Pada langkah selanjutnya langsung saja klik Lanjutkan ke Gmail.
6. Maka akan langsung muncul tampilan depan akun gmail sobat seperti ini.
Tampilan Akun Gmail
7. Sampai tahap ini akun gmail sobat telah selesai dibuat. kini saatnya untuk membuat blog pribadi pertama sobat.. sudah siap ?? silahkan Klik Blogger.com untuk memulai membuat blog.
8. Sobat akan diminta kembali password yang masukkan di gmail tadi. Lalu klik Masuk.
Daftar Blogger Gratis
9. Selanjutnya sobat akan diminta mengisi data untuk profil blog sobat. Disini ada dua pilihan, pilihan 1 jika sobat ingin membuat profil blog dari profil google +. pilihan 2 jika sobat hanya ingin membuat profil untuk blog saja tanpa dihubungkan dengan akun google +.
Google + adalah layanan google yang lumayan baru, akun ini seperti halnya facebook. Saya sarankan pilihan 1 saja. 
Membuat Profil Google +
10. Pada langkah berikutnya langsung saja klik tingkatkan untuk melanjutkan.
Akun Google +

11. Klik tombol Ikuti jika sobat ingin bergabung dengan laman tersebut. Setelah itu klik Lanjutkan
Laman Google +

12. Masukkan data dan foto profil sobat, tapi tidak diisipun  tidak apa2. Lalu klikSelesai.
Foto Profil Google +

13. Pada tahap selanjutnya klik Lanjutkan ke blogger.
Mulai membuat blog gratis di blogger

14. Setelah itu sobat akan langsung ke halaman dashboard blog sobat.. tapi blog belum dibuat.
Dashboard Blogger
untuk memulai membuat blog, silahkan sobat klik Blog Baru yang ditunjukan di nomor1 pada gambar diatas, pada nomor 2 akan tampil blog yang sudah sobat buat. pada nomor adalah tempat mengatur blog sobat. salah satunya adalah untuk mengubah tampilan dashboard ke tampilan lama. Ok selanjutnya setelah sobat klik Blog Baru akan muncul form baru seperti dibawah ini.
cara membuat blog untuk pemula
terlihat pada gambar diatas ada beberapa nomor, sengaja supaya mudah untuk dijelaskan.
pada no Masukkan nama untuk blog sobat, untuk ini terserah mau di isi apa, nama pribadi pun bisa. untuk nomor ini adalah untuk alamat blog sobat, seperti contoh diatas adalah blogger-naz.blogspot.com. pada pengisian nomor dua tunggu hingga ada tanda checklist berwarna biru seperti diatas. untuk nomor 3 adalah pilihan desain halaman blog sobat, silahkan pilih sesuai selera. selanjutnya klik Buat blog.
15. Setelah selesai maka blog sobat sudah dibuat. 
membuat blog gratis sendiri

untuk mulai menulis silahkan klik tombol bergambar pensil.
cara memposting artikel di blogger

pada contoh diatas judul postingan saya adalah "Post Pertama Ku".. dengan isi postingan " Hallo sekarang saya punya blog gratisan. Ini adalah postingan pertama ku" dan dengan kategori "Coretanku".. sobat bebas mau mengisinya dengan apa saja..
Jangan lupa setelah selesai,, klik Publikasikan untuk menampilkan postingannya..
16. setelah itu coba lihat hasilnya dengan klik Lihat blog.
lihat blog
 Coba kita lihat postingan dari contoh yang saya buat tadi..

Tahap Akhir membuat blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar