Kamis, 14 Maret 2013

Pengertian Website

1. Pengertian Website
Website adalah sebuah tempat yang memungkinkan seseorang menyatakan dirinya, hobinya, pengetahuannya, produk yang dijualnya dan apapun juga yang dapat di akomodasikan oleh teks, tulisan, gambar, video, animasi dan file multimedia lainnya.
Minimal website dapat dijadikan sebagai brosur elektronik yang dapat diakses dari seluruh dunia selama 24 jam.© {Sumber buku : kiat jitu membuat Website Tanpa Modal; Ali Zaki}
Selain itu fungsi yang sekarang marak di manfaatkan dari website adalah sebagai sarana jual beli online produk yang akan dijual. Seperti contoh toko online ternama tokobagus.com atau denifurniture.com sebagai contoh toko online yang menjual mebel.
Sedangkan untuk bisa membuat sebuah website yang bagus dan interaktif, seseorang perlu memahami dasar pemograman HTML, pemrogaman server side dan database yang berguna untuk menyimpan data.
2. Perbedaan Website, Webpage dan Blog
Setelah memahami sedikit pengertian dari website, tentunya untuk bisa membedakan antara website, webpage dan blog akan lebih mudah dipahami. Website biasanya terdiri dari beberapa halaman dimana berisi tulisan, image, video dll. Sedangkan webpage sendiri bermakna halaman web dalam terjemahan Indonesianya. Jadi webpage adalah isi dari beberapa halaman atau tulisan dari sebuah situs website tersebut.
Sedangkan Blog adalah halaman website yang berisi berbagai macam tulisan pribadi atau sebagai buku harian online. Jadi hampir sama dengan webpage yang bermakna tulisan pribadi dari website. Untuk bisa menulis di blog anda bisa memanfaatkan blog gratis yang ada di internet. Seperti blog gratis dari blogger.com, wordpress.com, multiply.com, blogdetik.com, dagdigdug, blogsome dll.
3. Pengertian Nama Domain dan Hosting
Sebelum menjelaskan apa itu nama Domain, ada baiknya anda bisa melihat contoh dari nama domain. Seperti anda kenal www.kataberita.com ini adalah nama unik dari setiap IP halaman website. Atau bisa sebagai alamat url berupa angka 180.123.2.345, maka nama unik IP address ini jika tidak di rubaha dengan nama seperti kata berita, maka orang yang mengunjungi website akan sulit mengingatnya. Maka dari itu ada yang namanya nama domain atau nama daerah asal dari website.
Dikutip dari Wikipedia.Org mengenai pengertian Domain secara jelasnya adalah;
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sedangkan fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “www.seonaga.com“. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Sedangkan Hosting adalah tempat dimana anda menempatkan isi dari website anda dan alamat IP atau nama domain anda. Istilah kerennya hosting di umpamkan sebagai tempat penyimpanan seperti toko. Sedangkan isi dari makanan dan minuman yang dijual ini adalah halaman artikel dari website atau webpage. Jadi jika anda tidak memiliki hosting maka domain dan isi artikel tidak akan bisa di baca oleh orang lain di internet.
4. Manfaat Website
Untuk manfaat website atau blog sebenarnya sudah kamu kupas pada artikel pembuka website & blog ini. Manfaat yang utama salah satunya adalah :
  • Menunjukkan eksistensi dari sebuah produk atau perusahaan sebagai brand. Dan untuk lebih mudah menjelaskan ke masyarakat tentang produk seseorang.
  • Bisnis online berupa jual barang atau hanya sekedar bermain adsense maupun affiliasi produk anda.
  • Sarana komunikasi dengan fans atau teman yang berada jauh dari anda. Seperti halnya facebook.com, twitter.com dan yahoo messenger.
Jadi untuk bisa bersaing dalam bisnis era elektronik ini, maka anda perlu belajar mendalami website dan bisa membuat website toko online sendiri. Jika anda kesulitan maka kami siap membantu anda untuk membuat website toko online ataupun blog pribadi. Sekian pembahasan materi kali ini mengenai pengertian website, webpage, domain dan hosting. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, kiranya bisa anda bagikan ke teman anda melalui link share facebook, twitter dan google plus.
PEMELIHARAAN WEBSITE.
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.
D. PERPANJANGAN MASA SEWA DOMAIN NAME DAN WEB HOSTING.
Perlu dipahami bahwa domain name dan web hosting berstatus sewa. Selama kedua hal itu dibayarkan masa sewa perpanjangannya, maka Anda berhak untuk memilikinya dan mempergunakannya. Banyak terjadi kasus kelupaan dalam memperpanjang masa sewanya, atau sulit untuk menghubungi pihak ketiga (web designer) sebagai perantara pendaftaran awal, maka akan berakibat fatal. Anda akan kehilangan domain name sebagai identitas dalam dunia internet. Pastikan Anda mengingat untuk memperpanjang masa sewanya. Arti penting domain name perlu Anda pahami.
pengertian website

Pengertian website

Dalam pengertian website lebih lanjut, situs web mewakili sekumpulan dari halaman web yang telah di kelola, yang berisi teks, gambar dan semua jenis file multi-media yang disajikan untuk perhatian dari pengguna internet denagan estetika dan cara yang mudah diakses. Semua website yang diaktifkan melalui Internet di sebut World Wide Web (WWW). Data yang terdapat di dalam website ini disusun dan dibuat agar dapat diakses oleh publik online dengan bantuan bahasa pemrograman seperti (X) HTML dan PHP, hanya untuk beberapa nama. Pemrograman website adalah metode utama untuk mendefinisikan struktur dari sebuah website dan mengelola tindakan dalam menangani pengunjung yang menelusuri halaman-halamannya. Dengan kemampuan teknik desain web, informasi akan terstruktur dengan baik dan tampilan menjadi lebih bersahabat. Agar halaman web dapat dipresentasikan pada monitor pengunjung, kita perlu hosting pada server web, yang kemudian mereka mentransfer ke browser web melalui HTTP, protokol utama dari WWW dapat kita lihat pada awal setiap alamat situs.

Pengunjung website

Pengunjung dapat mengakses situs web tertentu hanya dengan mengetikkan nama di address bar browser web mereka.Nama website yang dibuat oleh pemiliknya dan dengan nama yang mudah diingat merupakan kombinasi huruf dan angka, lebih populer sebagai nama domain atau sub-domain. Ketika Anda mengunjungi sebuah website, Anda hanya menggunakan nama domain situs tersebut, dengan Domain Name System (DNS) mengurus dan menempatkan domain di web hosting server tertentu. Tergantung pada tujuan di dirikannya, website dapat dimiliki dan dikelola oleh perorangan, organisasi atau perusahaan.

Elemen Website

Kemajuan yang luar biasa dalam teknologi pembuatan website dan kemampuan yang tak terbatas dari imajinasi manusia telah menciptakan situs-situs yang kita lihat sekarang di web. Namun, mereka semua berisi beberapa elemen dasar yang membuat mereka mudah dikenali oleh pengguna dalam hal fungsi – halaman home (juga dikenal sebagai halaman indeks), halaman pertama kita lihat ketika memasuki sebuah situs, sebuah menu navigasi – panduan utama ke isi website; area footer dengan link penting, informasi hak cipta, dll Dengan bantuan hyperlink pengunjung dapat mencari salah satu halaman web dari situs lain dengan cara logika-driven, yang sangat meningkatkan kegunaan situs Web.

Pengertian Website statis dan dinamis

Konsep kreatif dan software di belakang sebuah website menentukan apakah statis atau dinamis. website statis menyajikan informasi secara online kepada pengunjung secara langsung – seperti yang disimpan di server. Sebuah contoh yang baik dari website statis setiap situs perusahaan sederhana memberikan rincian tentang portofolio perusahaan, kontak, masa depan proyek, dll.Pengaturannya biasanya memerlukan beberapa keterampilan website dan pengetahuan dasar HTML dan CSS. Website yang dinamis, pada gilirannya, menggunakan database untuk menyimpan dan menangani informasi, yang memungkinkan konten halaman web ‘akan diubah secara otomatis dalam kasus pra-tertentu. Sebuah website dinamis, misalnya, setiap blog, portal, atau menyimpan e-commerce Anda dapat mengunjungi setiap hari. Daftar perangkat lunak yang website dinamis lebih lama, termasuk – PHP, JSP, Perl, ASP dan banyak lagi.

Pengertian Website PHP

PHP adalah salah satu alat yang paling populer untuk pembuatan website. Bahasa scripting mudah untuk belajar dan memberikan kemungkinan besar pengguna PHP untuk membuat website dan juga memberikan fasilitas canggih. website PHP merupakan mayoritas situs pribadi saat ini. PHP juga merupakan bahasa scripting pilihan bagi sebagian besar forum, blog populer atau situs e-commerce. Hal ini juga mudah dikombinasikan dengan database, seperti MySQL dan PostgreSQL, yang memungkinkan untuk data yang akan disimpan dan diatur dengan cara yang mudah diakses.

Pengertian website dengan NTC Hosting

NTC Hosting didirikan untuk satu tujuan – untuk menyediakan web hosting yang terjangkau, menawarkan dan memberikan penggunanya semua alat yang diperlukan untuk membuat situs mereka sendiri dengan cepat dan mudah. Dengan setiap rencana NTC hosting setiap pengguna dapat menggunakan script installer, kita dapat menginstal banyak script php populer di bawah satu menit.

Website di kategorikan berdasarkan fungsi dan kegunaan :

1. , yaitu situs yang digunakan untuk menceritakan tentang biografi diri, pengalaman pribadi, dsb (contoh : Blog Pribadi)
2. Website Komersial (Company Profile / Online Shop, biasa menggunakan .com, .co.id, dsb), yaitu situs yang dipakai untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan, atau juga dapat melakukan transaksi penjualan online (dengan sistem )
3. Website Instansi/ Pemerintahan (di Indonesia menggunakan .gov.id), situs jenis ini hanya boleh dipakai untuk keperluan website pemerintahan yang resmi.
4. Website Non-Profit (biasanya menggunakan .org, .edu, dll), website jenis-jenis ini biasanya digunakan hanya untuk yayasan, sekolahan, dsb

Tips Keamanan Website

Tips Keamanan Website
Website pada umunya merupakan sebuah media informasi yang bisa secara bebas diakses siapa saja terlepas dari website tersebut memiliki data informasi yang penting atau hanya sekedar informasi biasa, jika Anda merasa bahwa keseluruhan isi webiste Anda merupakan hal yang peka maka sebaiknya Anda harus sudah mulai memikirkan untuk menjaganya dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.
Berikut adalah tips keamanan website sederhana yang bisa Anda praktekan secara mudah.
* Selalu lakukan Update, melakukan update Web dengan versi terbaru adalah salah satu cara paling sederhana dan merupakan satu langkah didepan bagi para hacker, dengan men-download versi terbaru dari Windows, Linux, WordPress, joomla dan platform antivirus dll akan membuat aplikasi atau website Anda cukup tangguh, dengan begitu, hacker tidak akan repot-repot dengan situs Anda dan ada kemungkinan beralih ke beberapa situs lain yang pemiliknya belum sewaspada seperti Anda.
* Gunakan password yang kuat, sudah waktunya Anda kini membuat password gabungan dari huruf dan angka serta karkater spesial jangan lagi menggunakan password nama pasangan atau tanggal lahir seperti jaman dulu jangan juga mengambil password dengan kata-kata yang ada dikamus.
* Periksa file atau folder permision, Apakah Anda tahu file dan folder permissions website Anda mempunyai permision seperti apa ? terkadang beberapa aplikasi ketika menginstall memerlukan file permision 777, segera rubah permision tersebut ke maksimal 777 untuk folder dan 644 untuk file.
* Periksa link yang Ada di situs Web Anda, apakah Anda benar-benar tahu persis link situs yang terhubung ke situs Web Anda sendiri? menurut para ahli, apa yang disebut “pengalihan terbuka” adalah penyebab utama untuk serangan yang dilakukan melalui browser.
* Gunakan SSL ( Secure Socket Layer ) yang merupakan authentikasi akhir dan privasi komunikasi di Internet menggunakan cryptography sehingga transfer file lebih aman karena di encrypt.
Pastikan Web Host Anda Berjalan di suPHP, adalah alat untuk mengeksekusi script PHP dengan izin dari pemiliknya, Ini terdiri dari sebuah modul Apache (mod_suphp) dan akar setuid biner (suPHP) yang disebut oleh modul Apache untuk mengubah uid dari proses menjalankan interpreter PHP.
* Jika situs Web Anda adalah sama seperti kehidupan Anda coba pertimbangkan menggunakan minimal VPS, sebuah VPS secara inheren lebih aman karena terpisah dari situs lain, dan Anda dapat membuat custom firewall dan menginstal berapa langkah-langkah keamanan lain yang tidak diberikan pihak penyedia hosting untuk shraed hosting, pada dasarnya, VPS memungkinkan Anda untuk mengambil peran lebih aktif dalam keamanan situs Web Anda.
Jika Anda mengoptimalkan kemanan situs Web Anda, maka setidaknya membuat pekerjaan hacker lebih sulit, kebanyakan hacker jika datang kesebuah situs web yang bagus atau ketat dari sisi keamanan maka akan memilih pindah ke situs yang lain yang menawarkan akses lebih mudah.
Tips keamanan webiste ini hanyalah hal dasar yang bisa Anda lakukan dengan cara sederhana, untuk info lebih lanjut tentang penyimpangan keamanan yang paling umum di seluruh Web dan mempelajari tips keamanan website lainnya Anda bisa banyak membaca referensi di internet atau menyerahkan pengurusan tentang keamanan situs web Anda ke yang lebih Ahli.

Berdasarkan keberadaan  (CMS) yang ada padanya :
yaitu situs web yang langsung ditulis dalam bentuk HTML dan berbentuk sederhana seperti web design classic, desain website 5 (lima) halaman, website brosur produk dan jasa.
yaitu situs web yang ditulis dalam bentuk  dan database, seperti PHP, ASP, Javascript, Ajax, jQuery, MySQL. Dalam perkembangannya web dinamis menggunakan CMS sebagai back-end untuk administrator web tersebut. Salah satu yang paling terkenal karena sangat SEO Friendly adalahWordPress. Website dengan program WordPress sangat handal sekali untuk dipakai sebagai website dinamis karena kecepatan dan struktur front end yang Google Friendly. Membuat website dengan wordpress sangat mudah dan cepat untuk dipelajari. Adapun CMS lain adalah Joomla, Drupal, dll.



Pengertian website - Diakses Browser
Pengertian website - Diakses Browser
Setelah semua settingan kumpulan script dan folder tadi pada server hosting selesai dan benar, serta telah diletakkan pada domainnya, barulah alamat website tersebut bisa diakses melalui browser, tentunya membutuhkan koneksi internet untuk itu.
Nah itu ilustrasi dan penjelasan tentang pengertian website yang paling sederhana. Nantinya dalam mempelajari cara membuat blog di wordpress yang menggunakan wordpress(dot)org, kita juga harus melakukan langkah seperti ilustrasi diatas, yaitu :
  1. Terlebih dahulu mendowload kumpulan file dan folder dari wordpress (Sebut saja file wordpress),
  2. Kemudian menguploadnya ke server online,
  3. Dan melakukan beberapa settingan untuk membuatnya bisa diakses/dibuka di internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar